Home / Advertorial
Pulau Jemur, Woww…. Indahnya…..
Ayo Kunjungi Objek Wisata Pulau Jemur Kab Rokan Hilir Provinsi Riau
Penulis: ice | Kamis, 26 Oktober 2017 | 14:33 WIB Dibaca: 222 kali

Ketua DWP Prov Riau dan Rombongan Kab Kota Se Prov Riau saat Photo Bersama di Salah Satu Pesona Pulau Rupat Selat Malaka Kab Rohil 

AMANATRAKYAT.COM Rohil – Untuk mengembangkan Objek Wisata Alam yang ada di Pulau Jemur, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, terus melakukan berbagai macam upaya. Untuk tahun ini (2017,red). Salah satu contoh prmbelian Kapal Ferry Aluminium berkapasitas ratusan orang.

 

“Dari Tahun 2016 sudah kita persiapkan secara detail untuk membangun objek wisata di Pulau Jemur, tepat awal-awal 2017 Kapal Ferry sudah ada di pelabuhan yang ada di Bagan Siapi-api,” demikian kata Suyatno, baru-baru ini di Bagansiapiapi

 

Sedangkan menurutnya, keindahan yang dimiliki Pantai Pulau Jemur yang terletak dikecamatan Pasir Limau Kapas (Pulau terluar) tersebut tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia. “Kalau kalian pernah pergi ke Pantai Panggang Sumbar, tidak kalah indahnya dengan Pulau Jemur yang kita miliki,” paparnya.

 

Perbedaannya antara Pantai Panggang dan Pulau Jemur, lanjut Suyatno, hanya jarak tempuh. Sedangkan untuk menuju ke Pantai Panggang, hanya butuh waktu 30-45 Menit. Sedangkan kita menuju ke Pulau Jemur memakan waktu 2 Jam lebih.

 

Diakuinya, saat ini kendalanya hanya pada transportasi, tidak ada transportasi khusus menuju ke pantai yang pernah diklaim Pemerintah Malaysia itu. “Minimnya sarana dan prasarana seperti penginapan juga menjadi kendala untuk mengembangkan Pulau Jemur,” paparnya.

 

Untuk itu dirinya berharap kepada Dinas Terkait, seperti Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Pasar dan Pariwisata untuk memberikan masukan, agar menjadi daya tarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. “Mari sama-sama kita bangun Pulau Jemur, selain mengembangkan alam wisata Rohil, nantinya akan membuka peluang dalam penyerapan tenaga kerja,” tandasnya.

 

Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele.

 

Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur.

 

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.

 

Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping iti Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

 

Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

 

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

 

 

Penyu Hijau adalah hewan langka yang di lindungi oleh Pemerintah. Jika anda ingin berwisata di pulau ini, anda bisa melihat langsung penyu hijau terutama di malam hari. Di kawasan pulau ini memang ada penangkaran penyu hijau, tapi sepertinya akhir-akhir ini program penangkaran tersebut tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

 

Di pulau ini tidak begitu ramai, tapi kenyamanan yang sesungguhnya akan anda temukan disini. Untuk mencari suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota. Tempat Wisata ini bisa menjadi pilihan anda. Beningnya air laut, suasana pulau yang tenang, akan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

 

Untuk mencapai pulau ini tidak begitu sulit, anda bisa melalui Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, yaitu Bagan Siapi api dengan menaiki speed boat. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam, selain itu bagi anda yang merupakan negara tetangga yaitu Malaysia, bisa langsung dari sana. Karena Pulau Jemur ini berbatasan langsung dengan Malaysia.

 

Nah, sekian ulasan mengenai Pulau Jemur ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda yang sedang mencari tujuan wisata alam yang nyaman, yang jauh dari keramaian kota.***(Adv/Humas/Rohil)

 


Bupati Rohil H. Suyatno bersama unsur muspida meninjau P jemur


Ketua DWP Prov Riau dan Penasehat DWP Kab Rohil saat berbincang di Salah Satu Pesona Pulau Rupat Selat Malaka Kab Rohil 

[ Kembali ]
advertorial
Sekwan DPRD Memiliki Peran Penting dalam Keberhasilan Wakil
10 Nopember 2017 Pemerintah Kabupaten
Ayo Kunjungi Objek Wisata Pulau Jemur Kab Rokan Hilir
Disperindag Akan Surati Seluruh Pelaku Usaha Kuliner di
Kita Optimis PAD Tembus 100 Milyar Kerena Kepiawaian
Optimalkan Teknologi Wujudkan Layanan Terbaik BPKAD Menuju
laporan keuangan Pemprov Riau tahun anggaran 2016. Dewan
DPRD Riau Umumkan AKD Berikut Pergantian Pimpinan Lewat
Dua Calon Wakil Gubernur Riau Sampaikan Program Kerja
Riau raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya APE
Septina Primawati Dikenal Sebagai Sosok Santun dan
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
© 2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat