Home / Advertorial
GenPI Ajak Makan 3 Ton Kerang Gratis Sepuasnya di Rohil
Penulis: transmediariau.com | Sabtu, 25 Agustus 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 167 kali

BAGANSIAPIAPI – Siapa yang tak mengenal kerang, salah satu hewan lunak (Mollusca) kelas Bivalvia atau Pelecypoda itu ternyata memiliki sumber protein tinggi pada dagingnya.

 

Di Indonesia kerang-kerangan diolah menjadi kuliner yang lezat, diolah menjadi berbagai menu masakan, diantaranya kerang rebus, tumis, asam pedas, sate, saus tiram dan berbagai menu lainya.

 

Bagi masyarakat yang hobi menikmati masakan berbahan dasar kerang, komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) mengajak makan kerang gratis sepuasnya pada iven yang bertajuk

 

“Kendui Koang (Kenduri Kerang).”

Pada iven ini nantinya para masyarakat yang hadir bakal diajak

“Makan Koang Sepuehnyo” (makan kerang sepuasnya, red). Kerang yang akan disediakan oleh pihak panitia tidak tanggung-tanggung, paling sedikit sebanyak 2 ton kerang, 20/09/18.

 

Acara Kenduri Kerang ditaja langsung oleh GenPI sub regional Rokan Hilir, di Kota Bagansiapiapi, pada tanggal 30 September 2018 mendatang.

 

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Rokan Hilir ke-19, acara puncaknya yaitu, pada tanggal 4 Oktober 2018.

 

Ketua GenPI Kabupaten Rokan Hilir, Jhony Charles mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat kearifan Wisata Daerah, sekaligus untuk memacu para petani agar meningkatkan produksi kerang, sehingga menambah minat pemburu kuliner kerang.

 

“Untuk iven kuliner Kenduri Kerang ini, utusan GenPI dari luar daerah khususnya GenPI Kabupaten yang berada di Provinsi Riau diundang untuk ikut mensukseskan iven. GenPI akan menyiapkan fasilitas penginapan hotel, makan dan lain-lainnya gratis tanpa dipungut biaya, begitu juga dengan Blogger dan Vlogger,” kata Jhony Charles.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Syah Padri, juga turut menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya panitia akan mengadakan perlombaan dengan hadiah jutaan rupiah.

 

“Perlombaan yang digelar yakni, lomba membuka cangkang kerang tercepat dengan sebelah tangan, untuk 200 orang peserta lokal dan lomba membuka cangkang kerang dengan dua tangan untuk 100 orang peserta dari luar kota Bagansiapiapi,” ungkap, Muhammad Syah Padri, pria yang juga menjabat sebagai ketua harian GenPI Rohil.

 

Kegiatan yang digelar oleh GenPI Rokan Hilir ini, rencananya akan diawali dengan kegiatan jalan santai bersama pada pagi hari (30/9), dan bakal dihadiri langsung oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno serta pejabat teras dari pemerintah Kabupaten Rokan Hilir lainya.

 

Pada acara ini nantinya bakal digelar aneka bazar UKM dan pemeran, juga akan disajikan 50 menu makanan berbahan dasar kerang, seperti nugget, abon, sate, asam pedas, asam manis, gulai, rendang, sop, saus tiram, tumis, pindang, kerang pete dan berbagai menu lainya.

 

Kerang-kerangan yang di masak ada dua jenis, yaitu kerang darah (Anadara granosa) dan kerang bulu (Anadara antiquata). Secara umum kedua kerang ini memiliki ciri morfologi yang hampir sama. Cangkangnya memiliki belahan yang sama melekat satu sama lain pada batas cangkang.

 

Kabupaten Rokan Hilir memang dikenal sebagai sentral budidaya kerang. Pasalnya, selain daerahnya memiliki potensi perikanan yang melimpah ruah, juga memiliki potensi kerang yang berkualitas tinggi.

 

Diharapkan selain kerang diolah menjadi aneka kuliner, Pemerintah daerah juga dapat menggandeng atau memberikan pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif agar dapat memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan kerajinan tangan yang dijadikan perhiasan.

 

Tentu iven Kenduri Kerang ini sangat meriah nantinya, karena telah disiapkan oleh Tim GenPI Rohil dan Panitia dengan begitu matang.

 

[ Kembali ]
advertorial
Jadi Aset Wisata Religi, Bupati Rohil Tinjau Lokasi Pembangunan
Wujudkan Kesehatan Masyarakat Rohil Melalui Peningkatan
Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja
Sukses Gelar HUT Damkar ke 100 yang Dihadiri Mendagri
GenPI Ajak Makan 3 Ton Kerang Gratis Sepuasnya di Rohil
Sekolah Adiwiyata di Rohil Terus Bertambah
Bupati Suyatno Bangga, Produksi Padi Rohil Semakin
Rohil kembangkan situs sejarah jadi objek wisata
Proyek Preservasi Jalan Nasional di Inhil Segera Dilelang
Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Kado Istimewa HUT Kota
Pekanbaru Komitmen Menjadi Kota Bebas Sampah
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat