Home / Advertorial
Jadi Aset Wisata Religi, Bupati Rohil Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid Cheng Ho
Penulis: ADV | Minggu, 12 Mei 2019 | 13:03 WIB Dibaca: 238 kali

BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp meninjau lokasi rencana akan dilakukan pembangunan Masjid Laksamana M Cheng Ho Bagansiapiapi, Minggu (31/3).   

Sehamparan lahan di samping areal Pujasera Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi akan dimanfaatkan untuk pembangunan masjid dengan mengadopsi arsitektur bergaya khas Tionghoa.

Saat peninjauan bupati didampingi Sekdakab Drs Surya Arfan, pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, konsultan perencana dan pihak terkait lainnya.

 “Peninjauan ke lokasi untuk melihat bagaimana kondisi lahan yang akan dijadikan tempat pembangunan masjid yang tepatnya di belakang pujasera ini,” kata bupati.

Luas lahan untuk pembangunan masjid sekitar dua hektare. Diharapkan secepatnya dilaksanakan mengingat dukungan anggaran telah ada. Pihak donatur dari pengusaha atau muallaf akan menginfakkan dananya untuk pembangunan masjid.

 “Itu sumbangsih dari tokoh yang ada di luar Rohil, pengusaha muallaf bermastautin di Jakarta. Makanya kami mengharapkan agar segera dilaksanakan dan untuk peletakkan batu pertama secepatnya dilakukan,” kata bupati.

Karena kondisi lahan masih berupa semak terangnya, maka secepatnya diminta kepada dinas terkait agar dapat melakukan pembersihan. Sehingga dukungan dan keseriusan pemkab Rohil untuk pembangunan masjid tersebut. 

Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMP Meresmikan Masjid Raya Al-Furqon, di Kecamatan Kubu, Rohil, Riau, Jumat (29/3/2019).

Dalam Acara tersebut, selain Bupati Suyatno, tampak Juga hadir Sekretaris Daerah Rohil Drs H Surya Arfan MSi, para OPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Rohil, Anggota DPRD Fraksi partai Golkar Darwis Syam, Amansyah Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Fraksi Partai PKB Abu Khoiri, serta Camat Kubu, Lurah/Penghulu, RT/RW, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Rohil, Wazir Wan Yunus.

Selain Peresmian Masjid Al Furqon,Bupati Suyatno juga memberikan bantuan kepada Masjid Al-Furqon Sebesar Rp.300 Juta,dan satu musholla sebesar Rp.50 Juta.

"Kita serahkan secara Perdana di tahun 2019 ini, yang namanya bantuan masjid rumah ibadah ini baru pertama kali saya buka kuncinya, saya serahkan hari ini bantuan rumah ibadah untuk masjid ini sebesar 300 juta," kata Suyatno.

Bupati Suyatno Resmikan Masjid Raya Al-Furqon di Kecamatan Kubu

Bupati Suyatno menyarankan kepada pengurus masjid, dan mushalla yang sudah di tetapkan sebagai penerima bantuan agar segera mencairkan dana bantuan rumah ibadah

"Besok datang ke Bagansiapiapi, paling tidak hari Senin ambil duitnya, dan Diharapkan penggunaan dana bantuan tersebut harus melalui musyawarah pengurus masjid maupun mushalla," uUcap Bupati.  

Bupati mengingatkan, bahwa Kalau uang bantuan dari pemda sudah diambil, untuk dipergunakan dengan baik sesuai keperluan, apa yang menjadi prioritas itu diutamakan.

"Dan Alhamdulillah untuk pembangunan jalan Kubu, Pemerintah daerah telah menganggarkan pada tahun 2019 ini, kita tambah lagi 20 milliar untuk penyambungan jalan masuk kubu ini," timpal Bupati

Gubernur Riau membagikan 11 sertifikat tanah rumah ibadah di Rohil.

Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar M.Si membuka secara langsung Rapat Koordinasi Penghulu/Lurah Se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (15/4/2019) di Gedung Pertemuan H.Misran Rais, Bagansiapiapi.  

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Riau dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hilir selama 2 hari, dimulai pada tanggal 14 – 15 April 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Rohil H.Suyatno Amp, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Sekda Rohil Surya Arfan M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Riau Ahmad Syarofi, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala OPD dan Camat se Rohil.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Riau juga membagikan 11 sertifikat tanah rumah ibadah di Rohil.

Gubernur Riau dalam sambutannya menyampaikan keinginan untuk mengembangkan sektor pertanian di Rohil, seperti padi.

Sektor ini dinilai dapat berkembang karena banyaknya masyarakat yang menanam padi.

Selanjutnya, Gubernur Riau mengatakan berkaitan dengan jalan lintas Dumai – Sinaboi itu sudah masuk ke dalam program pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan insyaallah akan segera dibangun secepatnya.

Kemudian kepada datuk penghulu yang hadir, Ia berhadap dana desa tidak hanya difokuskan untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi desa adalah dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Dengan adanya Bumdes ini nanti, perekonomian di Desa akan meningkat,” ujarnya.

Salah satu Bumdes yang berkembang saat ini adalah Bumdes di Kabupaten Indragiri Hulu. Dimana Bumdes tersebut bisa memanfaatkan limbah sawit menjadi energi listrik, “kalau seperti ini kan bagus,” puji Gubernur Riau.

Kemudian Bupati Rohil Suyatno menyampaikan bahwa Kabupaten Rokan Hilir saat ini memiliki 18 Kecamatan, 173 Kepenghuluan, dan 25 Kelurahan. Kemudian jumlah masyarakat Rohil saat ini berjumlah 637 ribu jiwa.

Selanjutnya dari 18 Kecamatan tersebut, ada 3 Kecamatan yang belum mendapatkan kode wilayah, yakni Kecamatan Tanjung Medan, Balai Jaya, dan Kecamatan Bagan Sinembah.

Selain itu tambahnya, kita telah menjalin kesepakatan antara Pemprov Riau dan Pemkab Rohil. Dimana kesepakatan tersebut mengenai pembangunan jalan dan jembatan di Rohil.

“Jadi pembangunan jembatan di Rohil itu merupakan kewenangan Pemprov Riau, sedangkan pembangunan jalan kewenangan Pemkab Rohil,” ujarnya.

“Selanjutnya jalan lintas pesisir juga menjadi komitmen Pemprov Riau dan Pemkab Rohil kedepan,” ungkap Bupati.

Bupati juga berharap Pemprov Riau dapat membangun SMAN 1 Bangko yang sejak pertama dibangun sampai sekarang belum ada perubahan. Dan sekarang SMA sudah masuk ke dalam kewenangan Pemprov Riau.

“Kita mengusulkan ke Pemprov Riau untuk pembangunan 12 kelas SMAN 1 Bangko, dan alhamdulillah sudah ditanggapi,” ujar Bupati

 


[ Kembali ]
advertorial
Gubri Harap Polri Tegakkan Hukum di Riau
HUT ke-235 Kota Pekanbaru, Ayat Ajak Bersatu Wujudkan Smart
Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah dan Datuk Seri
Surat Edaran (SE) Telah Dikeluarkan Gubernur Riau Terkait
HUT Kota Pekanbaru ke-235, Pemko Gelar Aksi Bersih Sungai
DPRD Riau Bentuk Pansus LKPJ Gubernur 2018, dan LKPJ AMJ
Jadi Aset Wisata Religi, Bupati Rohil Tinjau Lokasi
Wujudkan Kesehatan Masyarakat Rohil Melalui Peningkatan
Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja
Sukses Gelar HUT Damkar ke 100 yang Dihadiri Mendagri
GenPI Ajak Makan 3 Ton Kerang Gratis Sepuasnya di Rohil
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat