Home / Advertorial
HUT Kota Pekanbaru ke-235, Pemko Gelar Aksi Bersih Sungai Siak dan Pembagian 1.000 Bibit Pohon
Penulis: medialaskar | Rabu, 26 Juni 2019 | 16:36 WIB Dibaca: 222 kali

Pekanbaru - Bersempena menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke- 235 tanggal 23 Juni 2019 digelar berbagai kegiatan. Salah satunya yaitu kegiatan aksi bersih Sungai Siak, serta pembagian 1000 bibit pohon.

 

HUT Kota Pekanbaru ke- 235, dalam era kepemimpinan Walikota Firdaus dengan Wakil Walikota Ayat Cahyadi ini memberi makna. Dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa. Terlihat pembangunan fisik, sarana dan prasara yang dicapai selama ini. Buat gebrakan berbeda dibandingkan itu ditahun yang sebelumnya.

 

Lokasi aksi bersih diadakan dimulai dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru, hingga Rumah Singgah Tuan Kadi. Acara dipimpin oleh Walikota Firdaus MT, yang dihadir Forkopimda Pekanbaru, dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pekanbaru, serta Ormas, maupun tokoh masyarakat setempat.

 

Pembukaan acara bersih bersih Sungai Siak oleh Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus MT

 

Sungai Siak memilik fungsi strategis bagi Kota Pekanbaru, namun diketahu saat ini berada dalam kondisi prihatinkan. Sebab, sebagai sungai paling terdalam di negara Indonesia, hanya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak saat ini telah termasuk sangat kritis karena pendangkalanya, dan terjadi pencemarannya kawasan itu.

 

Salah satu, yang mencemari Sungai Siak adalah sampah organik dan non organik serta tumbuhan air (gulma), yakni eceng gondok. Begitu juga sampah terbuang di sungai tersebut dikarena kurangnya dari kepeduliannya masyarakat. Bahkan, ada pencemarannya diakibatkan dari limbah perusahaan sekitaran tersebut.

 

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan aksi bersih sungai ini, dipimpin Walikota Pekanbaru Firdaus. Dengan perahu karet Basarnas, tampak walikota bersama tim membersihkan gulma yang ada disekitar atau sepanjang tepian Sungai Siak, serta diikuti tim lainnya dengan menggunakan perahu karet, dari pihak BPBD.

 

 

Salah satu rangkaian kegiatan bersih-bersih Sungai Siak

 

Aksi bersih Sungai Siak ini, bukan hanya seremonial belaka. Tapi, diharap melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat, khususnya di Kota Pekanbaru berada sepanjang tepian Sungai Siak ini agar lebih peduli terhadap lingkungannya dan menimbulkan budaya bersih disekitaran Sungai Siak.

"Alhamdulillah. Sempena hari jadi ke-235 Kota Pekanbaru dengan bersih-bersih ini mengajak masyarakat, dapat mengenang sejarah. Bahwa, lahirnya Kota Pekanbaru sangat berkaitan erat dengan ada batang Siak, yang sekarang juga populer disebut Sungai Siak. Sampai hari ini, masih tetap pemberi barokah," kata Firdaus. 

Jadi Sultan Siak V, Sultan Muhammad Ali Muazamsyah, sebut Firdaus pendiri Kota Pekanbaru 235 tahun lalu. Hingga disaat ini, menjadi barokah bagi warga. Bahkan, memberi potensi tehadap ekonomi, serta pembukaan lapangan kerja sangat besar bagi masyarakat. Selain itu di era industri pariwisata, sebagai primadona.

Walikota menyebutkan, untuk pariwisata Pekanbaru yang berbasiskan MICE, perlu dikembangkan didukung destinasi, salah satunya di Sungai Siak. "Maka itu, wisata air dan kota ditepi air, dan water front city prioritas pembangunan. Dan merancang kerjasama dengan eks Pelindo tersebut," kata Firdaus, Kamis (20/6/2019) lalu.

 

Kegiatan bersih bersih Sungai Siak dalam rangka memeriahkan HUT Kota Pekanbaru ke-235

Aksi bersih Sungai Siak, sebut Wali Kota dua periode ini, juga sebagai bentuk dari dukunganya terhadap program nasional Indonesia Bersih dicanangkanya menteri pada beberapa waktu lalu. Maka, sukses program ini harus didukung oleh provinsi yang bersih, maka Kota Pekanbaru ambil bagian. Ini sejalan dengan visi.

"Suksesnya program ini, harus didukung provinsi yang bersih, maka itu Pekanbaru ambil bagian. Ini sejalan dengan visi kita, smart environtment. Yaitu lingkungan ini yang aman, nyaman, damai, bersih. Maka dalam momentum ini menanamkan pada masyarakat. Dengan pelihara lingkungan terutama sungai," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru memberikan perahu fiber kepada Forum Batang Siak, yang merupakan kelompok masyarakat peduli sungai dan serta bibit pohon nangka maupun durian ini kepada masyarakat ikut serta peserta, pada aksi bersih-bersih Sungai Siak ini.

"Aksi bersih Sungai Siak ini, bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan ini melalui aksi yang sudah dilakukan, dapat menjadi stimulan bagi masyarakat. Yaitu, diharap lebih peduli terhadap lingkungan serta menimbulkan budaya bersih sungai Siak. Kami, tentunya apresiasi partisipasi aktif peserta," terang Elmawati.

Sekretarias DLHK Kota Pekanbaru inipun menjelaskan, aksi bersih dari Sungai Siak itu ada tukar sampah dengan bibit pohon nangka dan durian. Pembagian pohon itu tidak cuma hanya bagian dari aksi bersih Sungai Siak. tetapi bagian dari rangkaian HUT Kota Pekanbaru ke- 235. Diharap ini meningkatkan cinta lingkungan.

 

adv humas pemko

 



[ Kembali ]
advertorial
Diwakili PLH Sekko, Walikota Membuka Seminar Rapimko Kadin
Hari Pangan Sedunia Diahdir dan Dibuka oleh Wakil Gubernur
Sambut Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Pemko
Gubri Dampingi Jaksa Agung Resmikan Gedung Kejati Riau
Pekanbaru Sebagai Percontohan Program Statregis Nasional
Gedung Riau Creative Hub Akan Dibangun Sebagai Wadah Untuk
Wakil Gubernur Riau Hadiri Pembukaan Kegiatan Bakti Sosial
Soal Calon Sekdaprov Riau, LAM : Siapa Pun Sekda Yang
Launching Kartu Smart Madani dan KIA di SMPN 4 Pekanbaru,
Langkah Pemprov Untuk Menstabilkan Lemahnya Kondisi Ekonomi
Gubri Imbau ASN dan THL Ganti Botol Kemasan dengan Tumbler,
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat