Home / Dumai
Ceramahi Mahasiswa,
Gubri Sorot Pentingnya Kerjasama Perguruan Tinggi Perusahaan
Penulis: Drs heatubun,rls | Kamis, 30 Maret 2017 | 10:30 WIB Dibaca: 147 kali

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman memberikan kuliah umum di kampus STMIK-AMIK Dumai, akhir pekan ini, Ahad (26-3-2017). 

Berita Terkait
Gubri Buka Lomba Mancing piala Gubernur Riau XVII di Duma
Lanal Dumai Tegah Penyelundupan 10 Ton Bawang Impor Ilegal
Polwan di Dumai Kaget, Ternyata Dampingi Waria Tes Urine

 

DUMAI (AR) – Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman mendapat kesempatan memberikan kuliah umum di kampus STMIK-AMIK Dumai, akhir pekan ini, Ahad (26/3/2017). Saat berdialog dengan para mahasiswa, pria yang akrab disapa Andi Rachman itu menyoroti pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan yang ada.

 

Para mahasiswa sempat curhat kepada Gubri terkait banyaknya perusahaan di Riau khususnya Dumai yang mempekerjakan tenaga kerja dari luar Riau. Padahal di Riau juga tersedia banyak tenaga kerja.

Gubri menyebut bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebenarnya sudah pernah mengeluarkan Perda yang meminta perusahaan-perusahaan yang ada di Riau untuk memprioritaskan dan mempekerjakan tenaga kerja asal Riau. “Tapi kadang memang perusahaan perlu tenaga kerja yang punya keahlian khusus, sehingga mau tidak mau kalau tidak tersedia di Riau, perusahaan harus mengambil dari luar,” ucap Gubri.

 

Untuk itu ke depan, Gubri menyarankan agar dijalin kerjasama yang baik antara perguruan tinggi dengan perusahaan-perusahaan yang ada. Selain untuk melakukan transfer of knowledge juga agar pihak perusahaan mengetahui dengan baik potensi-potensi yang ada di suatu perguruan tinggi. “Kan bisa saja ahli-ahli dari perusahaan itu diundang sebagai dosen tamu,” sarannya.

 

Pada kesempatan itu, Gubri juga mengajak para mahasiswa dan seluruh civitas akademika STMIK-AMIK Dumai untuk bersama-sama menyukseskan Visi Riau 2020. Azam Riau untuk menjadi pusat perekonomian dan budaya Melayu di Asia Tenggara harus terwujud.

 

“Sebagai generasi muda, jangan sampai kita lupa dengan budaya kita. Budaya Melayu sebagai soko guru di Bumi Lancang Kuning harus sama-sama kita jaga dan lestarikan,” tegas Gubri seraya meminta agar para mahasiswa membiasakan diri untuk berpantun sebagai salah satu tradisi dalam budaya Melayu. Apalagi pantun sudah diusulkan oleh Pemprov Riau ke Unesco sebagai warisan budaya tak benda.

 

Di akhir acara, Gubri sempat membagi-bagikan buku karangannya tentang pariwisata Riau berjudul “Riau The Homeland of Melayu, Apa dan Bagaimana Pariwisata Riau”.***

 



[ Kembali ]
Polair Polres Dumai Amankan Kapal Angkut 200
Walikota Dumai Pimpin Apel Operasi Lilin Siak
Sadis, Ibu Kandung di Dumai Tega Buang Bayinya ke
Simulasi, Lanal Dumai Lumpuhkan Bajak Laut
Mabes Polri Gerebek Judi Gelper, Kinerja Polres
"Ada Permainan"
Advertorial
10 Nopember 2017 Pemerintah Kabupaten
Ayo Kunjungi Objek Wisata Pulau Jemur Kab Rokan Hilir
Disperindag Akan Surati Seluruh Pelaku Usaha Kuliner di
Kita Optimis PAD Tembus 100 Milyar Kerena Kepiawaian
Galeri
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR Kabupaten
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Perdana Lion Air Rute Pekanbaru Madinah Jeddah
IPDN Angkatan XXIV
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat