Home / Kepri
Kapolres Way Kanan Hina Profesi Wartawan dan Masyarakat Lampung,
IWO Mimika Gelar Unjuk Rasa.
Penulis: marihotsiregar kepri | Rabu, 30 Agustus 2017 | 11:17 WIB Dibaca: 2108 kali

Berita Terkait
Asuransi Nelayan Masih Terkendala
Reklamasi Pantai di Galang Baru Jembatan 6 Perijinan nya Dipertanyakan.
Satgas TNI Al SBJ ke 66, Bantu Korban Banjir Di Lhoksukon Aceh

Timika,AR.com - Ikatan Wartawan Online (IWO) bersama puluhan  wartawan se-Kabupaten Mimika, Papua, mendesak Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian segera mencopot Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan setelah menghina profesi wartawan dan masyarakat Lampung.

Tuntutan aspirasi para pekerja Pers di Mimika yang dikoordinir  IWO Mimika disampaikan dalam unjuk rasa damai di Bundaran Tugu Perdamaian Timika Indah, Kota Timika, Selasa (29/8/2017).

Cibiran Kapolres Way Kanan yang menyebut wartawan seperti kotoran hewan, dianggap sebagai penghinaan luar biasa dan tak pantas dilontarkan seorang aparat Negara yang digaji dengan uang rakyat.

"Kami meminta Pak Kapolri segera copot Kapolres Way Kanan atau pecat saja dari institusi Polri," tegas orator aksi Marsel Nara, Jurnalis Harian Papua.

Orator lainnya, Husyein Abdillah meminta Kapolres Way Kanan segera meminta maaf kepada insan Jurnalis dan kepada masyarakat Lampung yang disebutnya 'cacingan' mana mungkin baca koran.

"Wartawan adalah profesi mulia, tidak pantas untuk dihina. Untuk itu, kami mengecam keras pernyataan Kapolres Way Kanan," tandas Husyein.

Dia berharap ucapan tak terpuji oleh Kapolres Way Kanan tidak dilakukan oleh pejabat Polri lainnya terutama di Mimika, Papua. Dirinya juga berharap kepolisian dapat memberikan ruang seluas-luasnya kepada wartawan untuk melakukan tugas jurnalistik.

"Kami harap ini yang terakhir. Karena masih banyak kasus lainnya, dimana wartawan diintimidasi aparat Negara termasuk kepolisian. Jangan lagi terjadi," imbuhnya.

Ketua IWO Kabupaten Mimika Steven Rantung mengatakan, aksi unjuk rasa ini digelar sebagai bentuk solidaritas Jurnalis di seluruh nusantara yang menyikapi penghinaan oleh Kapolres Way Kanan.

Steven meminta Kapolres Way Kanan mempertanggung jawabkan ucapannya yang telah melukai hati seluruh pekerja Pers di Indonesia.

"Kalian (polisi) yang seharusnya sebagai pengayom, menjadi teladan, bukan justru menjadi penindas apalagi melecehkan profesi kami wartawan," ujarnya.

Kemarin, Ketua Pengurus Wilayah IWO Provinsi Lampung Wawan Sumarwan didampingi Ketua umum IWO Jodhi Yudono, Sekretaris Jenderal (Sekjend) IWO Witanto dan puluhan pengurus IWO melaporkan Kapolres Waykanan ke Propam Polda Lampung sekitar pukul 13:15 Wib.

Wawan yang baru saja dilantik menjadi Ketua IWO Provinsi Lampung menunjukan bukti laporan nomor STPL/B-41/VIII/2017/Yanduan, kepada puluhan wartawan yang menunggu di Mapolda Lampung.

[ Kembali ]
Eksportir Kayu Arang Bakau Tidak Memerlukan ETPIK
DI KABUPATEN SIEMELUE PROVINSI NAD LAYANI 2.730
Tendangan Amid Rizal Sebagai Tanda Dibukanya
DUA HELY ONBOARD DI KRI DR.SOEHARSO-990 JADI
WAKIL BUPATI KABUPATEN SIEMEULUE APRESIASI
SATGAS SBJ KE-66 SAIL SABANG 2017 DISAMBUT HANGAT
Advertorial
Pekanbaru Komitmen Menjadi Kota Bebas Sampah
City Gas sebagai Terobosan Pemko Pekanbaru Menuju Smart
Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Laporan Hasil Kerja
Putera Indragiri Yang Sukses Menjadi Birokrat
Galeri
Zaman Now, LUKMAN EDY & HARDIANTO Next
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Perdana Lion Air Rute Pekanbaru Madinah Jeddah
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat