Home / Inhil
OKNUM KEPALA SEKOLAH TAK PATUHI HIMBAUAN MENTERI PPPA
Bupati Diminta Evaluasi Kinerja Sebelum Maju di Pilkada
Penulis: ZULKARNAIN | Kamis, 21 Desember 2017 | 15:43 WIB Dibaca: 606 kali

Berita Terkait
Banyak Mahasiswa Anak Petani di Inhil Putus Kuliah Akibat Harga Kelapa Terus Anjlok
Mengenal Lebih Dekat Ngah Hasan: Anak Petani Mandah Yang Siap Berjuang Untuk Petani
Soal Harga Kelapa Murah, Ketua DPRD Riau, Septina Primawati, Pinta Bupati Wardan Serius untuk Mengatasinya

BATANG TUMU,amanatrakyat.com

Sepertinya Bupati Indragiri Hilir, HM.Wardan harus kembali mengevaluasi kinerjanya selama lima tahun terakhir. Pasalnya masih didapati kasus bobroknya dunia pendidikan yang ada di Kabupaten seribu sungai tersebut karena kelakuan semena-mena yang ditunjukkan oknum kepala sekolah terhadap muridnya.

 

BATANG TUMU, AMANAT RAKYAT – Beberapa waktu lalu, sebuah Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Desa Batang Tumu mengeluarkan siswanya dari sekolah karena alasan kenakalan. Kejadian ini sontak menghebohkan dunia pendidikan dan menjadi ramai dibincangkan banyak kalangan.

Awalnya beberapa waktu lalu, seorang oknum kepala sekolah MA berinisial IS mengeluarkan seorang siswa dari sekolah MA di Batang Tumu dengan alasan siswa ini memiliki kelakuan tidak baik dan harus diberi sanksi.

Kabar ini sontak membuat orang tua siswa terkejut karena tidak menyangka anaknya akan dikeluarkan dari sekolah. Menurut orang tua siswa, selama ini mereka tidak pernah diberi tahu oleh pihak sekolah tentang kelakuan anaknya semasa belajar di MA dimaksud.

“Bahkan kami tidak diberi tahu oleh kepala sekolah apa kesalahan anak kami dan kami juga tidak pernah diberi surat peringatan atau dipanggil ke sekolah sebelum anak kami dikeluarkan” ujar Mad orang tua siswa kepada Amanat Rakyat belum lama ini.

Menurut Mad, setelah mengetahui anak kami dikeluarkan dari sekolah barulah kami mencoba membicarakan hal ini kepada oknum kepala sekolah dengan harapan agar sanksi tersebut tidak jadi diberikan kepada anak kami. Namun lanjut Mad, oknum Kepala Sekolah Is ini tidak mau menarik kembali keputusannya.

“Kami berharap agar anak kami tidak dikeluarkan oleh pihak sekolah, tapi kalau harus dikeluarkan setidaknya kami diberi tahu dulu jauh-jauh hari tentang kesalahan anak kami sehingga selaku orang tua kami bisa mengajari anak kami agar merubah kelakuan nakalnya” harap Mad.

Ditempat terpisah, praktisi media dan sekaligus masyarakat perantau Indragiri Hilir Hasan Basri kepada Media ini menyayangkan perbuatan yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah Madrasah Aliyah tersebut.

Menurut Hasan Basri, Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA) Yohana Yembise berharap agar sekolah di Indonesia tidak mengeluarkan siswa dan muridnya dari sekolah karena kenakalan dan alasan lain.

“Seolah celoteh Menteri ini hanya sebagai kicauan tanpa makna dimata oknum kepala sekolah tersebut” ujar Hasan.

“Apalagi Bupati di Inhil adalah mantan kepala dinas pendidikan Propinsi Riau, sangat disayangkan jika dunia pendidikan di Inhil masih carut marut dan terkesan masih otoriter, kata Hasan lagi.

Dilanjutkannya, Menteri PPPA berasumsi bahwa seluruh anak di Indonesia wajib menerima pelayanan pendidikan hingga usianya genap mencapai 18 tahun. Meski berkelakuan tidak baik atau adanya siswi yang hamil sekalipun pihak sekolah dilarang mengeluarkan anak tersebut dari sekolah.

Ini merupakan sebuah momentum dimana seorang Bupati seperti HM.Wardan hendaknya melakukan evaluasi kembali sampai sejauh mana dirinya telah membangun SDM di Inhil khususnya penyelenggaraan pendidikan.

Keberhasilan seorang Bupati bukan karena sukses dalam pembangunan fisik semata, setidaknya pembangunan disegala aspek termsuk pendidikan maupun kesehatan yang sangat mendasar bagi keberlangsungan pembangunan didaerah.

Maka dari itu, Hasan Basri berharap agar kasus ini harus menjadi perhatian banyak kalangan sehingga dunia pendidikan di Inhil khususnya dan Indonesia umumnya dapat menjadi sebuah tempat dimana anak usia dibawah 18 tahun mendapat pelayanan yang layak. *redaksi

 

 

[ Kembali ]
Hermanissitas: Program 100 Hari Kerja ‘WARdanSu’
Tokoh Muda Mandah, Hasan Basri: Pemkab Diminta
Wardan Janji Tuntaskan Infrastruktur dan
Perjuangaan Petani Kelapa untuk Calon Sarjana
Bupati Inhil Miliki Tekad Kuat Wujudkan Generasi
Meriahkan HUT RI Ke - 73, Bupati Inhil Apresiasi
Advertorial
GenPI Ajak Makan 3 Ton Kerang Gratis Sepuasnya di Rohil
Sekolah Adiwiyata di Rohil Terus Bertambah
Bupati Suyatno Bangga, Produksi Padi Rohil Semakin
Rohil kembangkan situs sejarah jadi objek wisata
Galeri
kerajinan tangan
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Perdana Lion Air Rute Pekanbaru Madinah Jeddah
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
© 2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat