Home / Rohul
DIANGGAP BERPOTENSI MENGHILANGKAN SEJARAH KEPEMILIKAN LAHAN
Pemerintah Diminta Tidak Perpanjang HGU PT.SAI
Penulis: hasan s | Minggu, 24 Desember 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 5674 kali

Berita Terkait
Bangunan Turap Sungai Pisagang Secepatnya Akan Diperbaiki
PT SAI Sakses Laksanakan Sunat Masal
PEMKAB ROHUL DIMINTA TINJAU ULANG HGU PT SAI


ROKAN HULU,AMANAT RAKYAT,com

Seiring akan berakhirnya Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sawit Asahan Indah (SAI) di Kabupaten Rokan Hulu, sejumlah tokoh masyarakat Rambah Samo meminta Bupati Rokan Hulu dan Gubernur Riau untuk meninjau ulang penerbitan izin HGU kepada PT.SAI ini.
Masyarakat menilai penerbitan HGU seluas 300 Hektar untuk PT.SAI yang merupakan kebun UPP dan RSDP dianggap berpotensi dapat menghapus sejarah kepemilikan laham yang dijadikan areal HGU PT.SAI ini. Hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh masyarakat Rambah Samo, H. Akhyarudin kepada Amanat Rakyat belum lama ini.
 Menurutnya, pada tahun 1988 hingga tahun 2007 lokasi HGU PT SAI ini awalnya adalah milik masyarakat Rambah Samo. Seiring adanya pemekaran desa saat ini keberadaan lokasi HGU PT SAI berada didalam kawasan desa Teluk Aur dan desa Sei Kuning.
H, Akhyaruddin berharap sebelum HGU PT.SAI ini habis sebaiknya Pemkab Rohul dan Pemprov Riau kembali melakukan inventarisasi lahan sehingga keberadaan HGU PT.SAI ini dikembalikan kepada masyarakat Rambah Samo.
H. Akhyarudin yang juga merupakan pengurus kelompok UPP dan RSDP tahun 1980 sampai dengan 2017, berharap kepada seluruh instansi terkait terutama kepada Bupati Rohul agar jeli terhadap potensi konflik lahan di wilayahnya.
“Kebun RSDP, ada yang kami nilai tumpang tindih,” kata H Akhyarudin. Maka dari itu hendaknya Bupati Rohul dan bila perlu Gubernur Riau jangan terfokus untuk memperpanjang HGU PT SAI, tetapi adalah meninjau ulang keberadaan lahan tersebut,”  katanya.
* HGU PT.SAI Jangan Diperpanjang
Salah seorang kepala desa bernama Salim kepada Amanat Rakyat menyatakan bahwa keberadaan PT.SAI di Rohul ini telah membuat sejumlah kalangan sejak lama angkat bicara. Rata-rata mereka berbicara tentang PT.SAI yang memiliki sejumlah permasalahan mulai dari lahan yang tumpang tindih hingga kepada limbah yang meresahkan.
Dilanjutkannya, ada kalangan yang menilai PT.SAI beroperasi diluar kawasan HGU yang diberikan. Bahkan ada juga yang menyebut jika PT.SAI telah menyerobot lahan warga sehingga muara dari pembicaraan ini adalah pengukuran ulang kawasan HGU milik PT.SAI.
Menurut Salim, pengukuran ulang HGU yang akan didanai oleh APBD Rohul diujung masa waktu berlakunya HGU PT.SAI merupakan sebuah kemubaziran dan terindikasi adalah sebuah agenda politik yang memuat kepentingan perpanjangan HGU milik PT.SAI.
“Akhirnya nanti HGU PT.SAI direvisi berdasarkan hasil pengukuran yang diperoleh dan disitu masa waktunya diperpanjang, ini sama saja agenda politik terselubung” kata Salim.
Salim melanjutkan, yang diinginkan oleh masyarakat Rambah Samo khususnya dan Rohul umumnya adalah tidak diperpanjangnya HGU untuk PT.SAI karena telah menebarkan keresahan dikalangan masyarakat.
“Apalagi HGU PT.SAI ini akan berakhir pada tahun 2019 nanti bertepatan dengan tahun politik dimana dana kampanye sangat diharapkan diperoleh dari PT.SAI dengan cara memperpanjang HGU nya melalui drama ukur ulang,” ujar Salim sambil tersenyum.
Masyarakat Rambah Samo berharap agar pemerintah tidak memperpanjang HGU PT.SAI hinga tahun 2019 mendatang. Setelah itu Pemerintah Propinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dipersilahkan membuat anggaran di APBD untuk melakukan inventarisasi lahan berdasarkan sejarah dan perjalanan pemekaran desa sehingga sejarah kepemilikan lahan tidak lagi menjadi permasalahan. *redaksi

[ Kembali ]
Pengerjaan Aspal Di kelurahan kotalama kab Rohul
PT SAI Serahkan Bantuan Lapangan Volly dan Alat
PT SAI Beri Piagam Berprestasi dan Hadirkan
Gubri Hadiri Tabligh Akbar di Masjid Agung
Dari Jadi Khatib Hingga Hadiri Acara Adat di
Karyawan adalah Aset Berharga Bagi Perusahaan
Advertorial
Pekanbaru Komitmen Menjadi Kota Bebas Sampah
City Gas sebagai Terobosan Pemko Pekanbaru Menuju Smart
Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Laporan Hasil Kerja
Putera Indragiri Yang Sukses Menjadi Birokrat
Galeri
Zaman Now, LUKMAN EDY & HARDIANTO Next
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Perdana Lion Air Rute Pekanbaru Madinah Jeddah
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat