Home / Rohil
GUNA MEMBUKA ISOLASI DAERAH DAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN DI ROHIL
Suyatno Terus Prioritaskan Pembangunan Jalan
Penulis: hsn | Jumat, 29 Desember 2017 | 13:01 WIB Dibaca: 429 kali

Berita Terkait
DIPA Rohil 2018 Capai Rp 1,4 Triliun, Sekda Ingatkan Tepat Sasaran
Bahas Tenaga Pendamping Desa, Pejabat DiRiau Bertemu Kementrian PDT
kemensos R.i Salurkan 55 Unit Rumah Layak Huni Untuk Kat Yang Ada dimeranti

Kabupaten Rokan Hilir masih memiliki sejumlah desa yang masih terisorlir. Hal itu terjadi karena Kabupaten ini adalah sebuah Kabupaten yang baru di Mekarkan dari Kabupaten Bengkalis sejak 18 tahun silam. Sehingga diusia yang cukup muda ini, Kabupaten Rohil masih membutuhkan program pembangunan yang dapat membuka keterisoliran desa.

ROHIL, AMANAT RAKYAT, Kabupaten Rokan Hilir memiliki wilayah yang cukup luas dan tersebar didaratan dan kupulauan wilayah pesisir Propinsi Riau. Sehingga masih terdapat sejumlah desa yang terisolir.

Dampak yang terjadi akibat masih adanya desa yang terisolir adalah masih kurang meratanya pembangunan dan perekonomian masyarakat yang didominasi oleh masyarakat Melayu Pesisir ini.

Bagi kawasan yang berada diarea ibukota Kabupaten terlihat angka perekonomian yang diperoleh cukup tinggi. Pasalnya selain menjadi tumpuan perekonomian, Bagansiapi api juga dikenal sebagai kawasan destinasi wisata dimana Etnis Tionghoa selalu memakai kawasan ini sebagai area kegiatan ritual bakar tongkang yang merupakan agenda wisata tiap tahunnya.

Namun tidak seperti kawasan lainnya yang tersebar di hamparan pesisir pantai sumatera sampai kepada wilayah perbatasan Sumatera Utara maupun berbatas dengan Kabupaten Rokan Hulu.

Disana terlihat masih timpangnya pembangunan karena sejumlah kawasan dimaksud masih terisolasi oleh keterbatasan pembangunan sarana umum seperti jalan, jembatan dan pelabuhan.

Dampak dari keterbatasan sarana infrastruktur ini membuat perekonomian masyarakat masih rendah. Pasalnya biaya operasional untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan sarana pariwisata lokal belum dapat dioptimalkan.

Menjawab hal ini, Bupati Rokan Hilir, Suyatno telah membuat arah kebijakan dengan cara membangun jalan, jembatan dan pelabuhan yang tersebar di sejumlah Kecamatan yang masih dianggap terisolir.

Suyatno sepertinya tidak main main dalam hal membuka isolasi daerah ini. Terlihat selama dua tahun terakhir Suyatno bersama OPD dilingkungan Setdakab Rohil serius mengarahkan APBD Rohil pro rakyat dengan membangun sarana jalan penghubung antar desa dan antar Kecamatan.

Selain itu, Suyatno juga serius membangun jalan penghubung antar Kecamatan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan sehingga memiliki dampak kepada peningkatan pendapatan masyarakat petani yang ada di Rohil.

Karena letaknya dipesisir, Suyatno juga membangun sejumlah Pelabuhan dan difungsikan kepada angkutan transportasi laut yang dapat menjangkau hubungan ekonomi antar daerah kepulauan baik itu lokal maupun internasional.

“Dengan membaiknya fasilitas infrastruktur khususnya jalan, jembatan, pelabuhan maka diharapkan biaya trasportasi dalam daerah lebih murah dan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan lancar mauaranya adalah pemeratan pembangunan antara satu kawasan dengan kawasan lainya,” kata Bupati.

Penambahan ruas jalan menurut Bupati Rohil Suyatno, mutlak dibutuhkan untuk membuka keterisolian daerah serta sarana penghubung antara daerah baik sebagai sarana mobilitasi orang maupun mobilisasi barang dalam aktivitas sosial ekonomi.

Sejak dua tahun terakhir ini, Pemkab Rohil tengah serius dengan program pro rekyat yang kerap disebut dengan nama pembangunan jalan lintas pesisir.

Pembangunan jalan lintas pesisir, Kata Suyatno, tetap menjadi perhatian serius dari Pemkab Rohil sehingga nantinya jalan yang akan membaik, terentang dari kawasan Bagansiapiapi terus menjangkau menuju Kecamatan Panipahan, Ibu Kota Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

“Pembangunan jalan harus terus dilanjutkan sampai ke Panipahan, kami akan terus berjuang bagaimana jalan lintas pesisir terbangun dengan baik dan layak. Sehingga dilewati dengan baik oleh masyarakat seperti di Sei-Daun,” kata Suyatno.

Dipaparkan Suyatno, pembangunan lanjut terus ke Kecamatan Kubu sampai ke Kecamatan Pekaitan lalu terhubung dengan Jembatan Pedamaran sampai ke Bagansiapiapi. Begitu juga untuk pembangunan jalan lintas di pesisir lainnya yakni jalan penghubung Sinaboi sampai ke Dumai.

Jalan lintas di Sinaboi, kata bupati, akan mampu membuka akses antar-Kabupaten Rohil dengan Kota Dumai. Ini akan menjadi program strategis untuk mendorong percepatan perekonomian dan aktivitas sosial masyarakat.

“Saat ini pengerjaan pembangunan infrastrutur jalan baik rigit dan semenisasi di kawasan pemukiman penduduk telah menjadi prioritas Dinas PUTR telah banyak selesai dikerjakan, bahkan telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. seperti umpamanya rigit dari simpang ujung tanjung hingga sampai Kecamatan Bantaian, kemudia jalan utama ibukota Kecamatan Pujud, dan kecamatan Sinoboi. dan tahun ini kawasan-kawasan yang belum akan di kerjakan,” bebernya.

Pemkab Rohil juga melakukan pembangunan jalan lintas pesisir dari tugu elang Batu Enam menuju jalan lingkar ke Pelabuhan Nelayan Bagansiapiapi. Jalan lingkar sepanjang 6 km itu rencananya disiapkan sebagai jalan alternatif jalan masuk ke kota Bagansiapiapi.

Jalan lintas pesisir ini dibangun sebagai sarana mempercepat terbukanya daerah terisolir menuju kota Bagansiapiapi. Menurut  Suyatno Pemkab Rohil membangun jalan lintas pesisir dengan sistem tahun jamak atau Multi Years.

Menurutnya, pembangunan jalan lintas pesisir sebagai jawaban atas perbaikan infrastruktur jalan yang saat ini masih buruk dibeberapa kecamatan di Rokan Hilir. “Misal jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam sampai ke Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas,” jelasnya.

Dalam pembangunan inspratruktur jalan lintas pesisir, Pemda Rohil mengusulkan anggaran kepada Pemerintah Provinsi Riau. Usulan pemda Rohil ditanggapi baik dan dilakukan penganggaran pembangunan jalan tersebut tahun 2016 lalu.

Bupati Rohil H Suyatno menjelaskan, kalau dirinya sudah melihat langsung rencana pembangunan dan persediaan anggaran dari Provinsi Riau untuk melaksanakan pembangunan jalan pesisir, hanya kata Suyatno, untuk dilakukan pekerjaan pembangunannya melalui berbagai proses salah satunya adalah proses lelang pekerjaan oleh pemerintah provinsi Riau.

“Anggaran pembangunan jalan pesisir cukup besar, sesuai rencana pemerintah provinsi Riau melakukan pembangunan jalan pesisir dengan anggaran senilai Rp 742 meliar," ucap Suyatno.

Dari situ tentunya, jalan simpang pujud, Bagansinembah menuju simpang tugu menuju Kecamatan Pujud, yang jalannya masih dalam kondisi rusak parah menjadi proritas pemerintah untuk membangunnya.

Salah satu pembangunan yang sedang digesa pemerintah daerah yakni, peningkatan jalan lintas pesisir dan jalan lintas kabupaten menuju ibu kota kabupaten. “Contoh tahun ini mulai dari Jalan Simpang Ayam Putih Pungguk menuju Tugu Petani Kecamatan Rimbo Melintang dilaksanakan dengan sistim aspal beton (Rigit), dianggarakan Rp62 miliar,” jelasnya.

Kemudian, lanjut bupati, program infrastruktur bantuan pusat yang masuk kedaerah yakni pembangunan Jalan Teluk Bano I menuju Bandara dianggarkan Rp8 miliar. “Kira-kira anggaran propinsi yang sudah Rp300 miliar untuk kegiatan fisik” ungkapnya.

“Rohil memiliki potensi alam yang belum diangkat, dikembangkan dan digali. Persoalan pendapatan asli daerah sering disampaikan Dewan, dan ini menjadi cambuk bagi pemerintah daerah," ujarnya. *redaksi

 

[ Kembali ]
Diduga Sindikat Narkotika, Polres Rohil Amankan
Wakil Ketua PN Rohil Dilantik
Tiga Alat Berat Beroperasi Dilahan Ratusan Hektar
Diterjang Pasang Keling, Tujuh Rumah Warga Pulau
Pandam I BB Tinjau Lokasi Pratu Wahyudi Tewas
Dua Pimpinan Berhaji, Agenda Persidangan DPRD
Advertorial
Pekanbaru Komitmen Menjadi Kota Bebas Sampah
City Gas sebagai Terobosan Pemko Pekanbaru Menuju Smart
Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Laporan Hasil Kerja
Putera Indragiri Yang Sukses Menjadi Birokrat
Galeri
Zaman Now, LUKMAN EDY & HARDIANTO Next
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Perdana Lion Air Rute Pekanbaru Madinah Jeddah
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat