Home / Meranti
Sekdakab. Meranti Buka MTQ Ke-XI
Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Tingkatkan Kecintaan Umat Kepada Al-Quran
Penulis: edi | Rabu, 03 April 2019 | 12:27 WIB Dibaca: 1263 kali

Berita Terkait
Bupati Meranti Resmikan Rumah Singgah dan Silahturahmi Dengan Masyarakat Meranti di Karimun
Peringatan Isra'Mi' Raj Desa Nantiasa
Tegaskan Masyarakat Harus Kenyang, Pintar Otak dan Sehat Badan

Meranti,

Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan Wakil Ketua DPRD Meranti H. Muzamil, membuka secara resmi kegiatan MTQ Ke-XI Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat, kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran dengan membaca, memahami dan mengamalkan kandungannya itu, dipusatkan dihalaman Kantor Camat Tebing Tinggi Barat, Desa Alai, Selasa (26/3/2019).

Turut hadir bersama Sekda Asisten III Sekdakab. Meranti Drs. H. Rosdaner M.Si, Staf Ahli Bupati H. Askandar, Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. Said Asmaruddin, Anggota DPRD Meranti M. Tartip, Kepala Dinas Perikanan Meranti Ir. Anwar Zainal, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Jamhur, Kabag Humas Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Infokom Sekda Meranti Drs. Syaiful Ikram, Kabag Kesra Meranti Drs. Husni Gamal, Kakan Satpol PP Meranti H. Joko Supriyanto, Ketua LPTQ Meranti Zulkhairil, Camat Pulau Merbau H.M Nazar, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Sekcam Fahmuriadi, Kepala Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Majelis Hakim MTQ, Para Qori dan Qoriah, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ditandai dengan pemukulan Beduk yang dilakukan oleh Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan Wakil Ketua DPRD Meranti H. Muzamil disaksikan Firkopimda dan seluruh masyarakat yang hadir, yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera LPTQ.

Dalam sambutannya dalam pembukaan MTQ Ke-XI Kec. Tebing Tinggi Barat, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, sangat mengapresiasi penyelenggaraan MTQ ini sebagai media syiar islam, namun ia berharap pelaksanaan lomba baca, tulis, dan terjemahan Al-Quran ini jangan hanya sekedar sebagai siar islam tapi lebih jauh dari itu menjadi barometer tingkat pemahaman masyarakat terhadap Al-Quran di Kepulauan Meranti. 

Lebih jauh Sekda mengajak masyarakat untuk terus mengeksplorasi isi kandungan Al-Quran sebagai sumber pengetahuan yang tak pernah habisnya, dengan begitu fungsi Al-Quran sebagai pedoman disemua aspek kehidupan dapat dilaksanakan oleh semua umat muslim.

"Mari kita jadikan Al-Quran sebagai rujukan utama dalam tatanan hidup bermasyarakat," ajak Sekda.

Selain untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran, Ivent MTQ ini menurut Sekda juga sebagai ajang menjaring bibit Qori dan Qoriah berprestasi Meranti untuk diikutsertakan dalam perlombaan MTQ yang lebih besar baik Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. 

"Semoga dapat meningkatkan prestasi Qori dan Qoriah Meranti untuk mengharumkan nama daerah di ajang yang lebih besar," harap Sekda.

Senada dengan Sekda Meranti, dikatakan Ketua Panitia Fahmuriadi yang juga Sekcam Tebing Tinggi Barat, kegiatan MTQ ini bertujuan bagai Wahana silahturahmi yang efektif dalam mempererat ukuah islamiah umat islam sekaligus membangkitkan kecintaan maayarakat kepada Al-Quran dengan menjadikannya sebagai pedoman hidup sehari hari.

Disamping itu juga sebagai moment meningkatkan kemampuan membaca, mahami dan mengamalkan kandungan Al-Quran, serta menjaring bibit Qori Qoriah terbaik Tebing Tinggi Barat untuk diikutsertakan pada ivent yang lebih besar.

Hal ini juga dikatakan oleh Camat Tebing Tinggi Barat, H. Said Jamhur, ia berharap melalui Ivent MTQ kali ini hendaknya dapat memotivasi masyarakat khususnya generasi muda untuk mencintai Al-Quran mulai dari mempelajari Al-Quran, membaca, memahami serta mengamalkan Al-Quran dalam kebidupan sehari-hari.

"Semoga dengan MTQ ini masyarakat dan generasi muda bisa memahami isi kandungan Al-Quran dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Camat. 

Agar kecintaan terhadap Al-Quran menjadi masif Camat juga meminta peran aktif dari para tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda baik dimasjid maupun dilingkungan masyarakat lainnya.

Terakhir, seiring akan digelarnya pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Pileg di Indonesia, Camat Said Jamhur meminta masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dengan mempelajari benar siapa calon yang dipilih, dan tidak melakukan Golput.

"Mari semua Tanggal 17 April 2019 mendatang kita laksanakan hak pilih," ajak Camat.

Sekedar informasi seperti disampaikan Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ke-XI kali ini diikuti oleh 14 Khafilah Perwakilan Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi Barat, dengan jumlah Qori dan Qoriah sebanyak 362 orang. Sementara menyangkut cabang yang diperlombakan meliputi Cabang Tilawah Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Ifzil Quran, Tartil Quran, Menulis Khaligrafi.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Dewan Hakim oleh Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Jamhur. MTQ tersebut akan berlangsung hingga seminggu kedepan. 

[ Kembali ]
Sejumlah Instansi Tandatangi Deklarasi
Pemdes Baran Melintang Salurkan Ribuan Benih
Kantor Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Hasil
216 CPNS Terima SK Dari Sekda Meranti
ULP Meranti Gelar Bimtek Pengadaan Aplikasi SiRUP
Wabup Meranti Gelar Monev di Kecamatan Tasik
Advertorial
Jadi Aset Wisata Religi, Bupati Rohil Tinjau Lokasi Pembangunan
Wujudkan Kesehatan Masyarakat Rohil Melalui Peningkatan
Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja
Sukses Gelar HUT Damkar ke 100 yang Dihadiri Mendagri
Galeri
DPRD Kampar Memperingati Hari Jadi Ke - 69 Tahun 2019.
kerajinan tangan
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat