Home / Meranti
Peringatan Isra'Mi' Raj Desa Nantiasa
Penulis: edy | Selasa, 09 April 2019 | 17:29 WIB Dibaca: 26 kali
Berita Terkait
Sekda Harap Karang Taruna Jadi Ujung Tombak Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
Dihadiri Utusan Moeldoko, Gubri dan Wagubri Terima Gelar Datuk dari LAM Riau
24 Finalis Bujang Dara Meranti Berkunjung Ke Kantor Bupati

 

Meranti.Pengurus musholla hidayatul muttaqin  serta Pemeintah desa beserta segenap elemen masyarakat desa mantiasa kecamatan tebing tinggi barat 

Menggelar isra  mi' raj nabi besar muhammad saw  cara tersebut sekaligus santunan anak yatim  bertepatan 1 sya' ban tahun  1440 hijriah / 2019 masehi  bertempat dihalaman musholla hidayutul muttaqin sabtu malam 6 april 2019 

turut hadir penjabat kepala desa ( pj kades )mantiasa umar saleh  al mukarrom kyai haji lasudin abdul hakim dari kota batam kepulauan riau  ,anggota dprd kabuputen meranti ma' ruf saf'i s.pdi dari partai kebangkitan bangsa ( pkb )bhabinkantibmas polsek tebing tinggi barat , mantan kades mantiasa misran .shi , mantan kades insit jumir , para tokoh masyarakat  , alim ulama , tamu undangan  serta insan pers 

 

Ketua panitia ustad zainul arifin Mengucapakkan  selamat datang dan terimakasih kepa taun undangann lainnya  dan memohan maaf sebesar besar apa yang yang kurang berkenan dihati bapak kami dari segenap panita memohon maaf sebesarnya   kan anak yatim yang santuni sebanyak 7 orang .yang disantuni maksimal 13 tahun 

kyai haji  lasudin dalam sambutannya sambutanya  semoga yang  hadir disini  saya doakan semoga didekatkan dengan nabi muhammad saw kendati kita sebagai  umat  akhir zaman  tapi diakhirat  kelak  dipanggil lebih  duhulu .

" Setiap umat itu umurnya mengikuti nabinya, nabi adam umurnya 1000 tahun,manusia hidup dizamannya usianya panjang sampai 1000 tahun, nabi nuh 1250 tahun, kalau bapak baca kisah usia nabi nuh 900 tahun, "itu bukan usianya , tapi masa dakwahnya,usia beliau kata ahli sejarah itu 1250 tahun, maka manusia hidup dizaman itu usianya sampai 1250 tahun. 

 

 "Kita umatnya siapa ? Nabi muhammad, usia beliau itu cuma 63 tahun, maka rata rata ibu ibu bapak bapak mantiasa usianya tidak jauh dari 63 tahun, maka dari itu marilah kita bertobat. , karena kalau umat umat zaman dahulu yang usianya ribuan tahun wajar dapat pahala banyak karena sujudnya shalatnya puasanya ratusan tahun, sementara kita usia rasullah saw  63 tahun 

 

Dengan begitu  secara otomatis ibadah kita  seperti sujud , shalat kita ,  puasa kita paling banyak puluhan tahun, padahal perlu kita ketahui  nanti diakhirat  orang islam ini diistimewakan, kita ngantri nanti dipadang mahsyar ratusan tahun dengan panas yang menyengat,  waktu itu orang sudah mulai menyerah, ya allah kalau memang nasibku ini masuk neraka secepatnya masukkan neraka, tapi kalau aku masuk surga, maka secepatnya pula masukkan aku ke surga,kenapa  ? Karena sudah tidak kuat lagi, ngantrinya panjang, dari mulai nabi adam sampai manusia terakhir, ini istimewanya umat rasullah, walaupun umat yang paling terakhir tapi nanti di yaumul hisab  tapi dipanggil duluan, dengan kenikmatannya masuk surga juga duluan,konsekuensinya masuk neraka juga duluan , oleh karena itu bagaimana supaya pahala kita bisa menyamai mereka, allah bijaksana melipatgandakan  pahala dari sekian keistimewaan, 

Dia mencontohkan ada tempat istimewa,sholat di masjidil haram mekkah pahalanya lebih banyak daripada sholat di masjid nabawi madinah, maka yang hadir malam ini saya doakan bisa haji, aminn.

sholat dimasjid nabawi lebih banyak daripada sholat di masjidil aqsa palestina, shalat di masjidil aqsa palestina pahalanya lebih banyak daripada sholat di masjid hidayatul muttaqin mantiasa, sholat dimasjid hidayatul muttaqin mantiasa pahalanya lebih banyak daripada sholat dirumah masing masing. Itulah keistimewaan.

yang kedua ,ada waktu yang istimewa, siang hari dan tengah malam, lebih istimewa tengah malam,maka orang orang yang mengharapkan keistimewaan mereka tiap malam bangun.

 

Yang ketiga ada manusia istimewa, siapa ? Tanya kyai dihadapan hadirin  Ia adalah nabi kita muhammad saw, diantara keistimewaan beliau adalah beliau di isra kan dan di mi'iraj kan, keistimewaan yang lain yaitu memberikan syafaat kepada umatnya  yaitu manusia khususnya kepada yang terdekat kepadanya.suatu saat nanti kiamat akan terjadi, yang namanya hidup semua akan mati. Kemudian manusia yang telah mati akan dibangkitkan di bumi yang baru , yang semuanya rata tidak ada satupun pohon

 

"yang  disebut padang mahsyar , padang mahsyar itu adalah suatu tempat dimana manusia sudah bisa mendapatkan hasil dari amalannya , kata rasulullah wajah akan berubah, ada manusia yang dibangkitkan dipadang mahsyar , tubuhnya manusia wajahnya seperti anjing, karena kelakuannya seperti anjing, suka menghina, rakus jabatan, haus akan kekuasaan.

 

yang kedua ada manusia yang dibangkitkan tubuhnya manusia tapi wajahnya seperti babi, karena kelakuannya seperti babi, kejorokan babi mengalahkan segalanya kemudian ada lagi manusia dibangkitkan tubuhnya manusia wajahnya seperti monyet karena kelakuannya seperti monyet yaitu serakah. 

 

Ditengah tengah itu,Manusia sibuk dengan urusannya, padang mahsyar bukan taman bunga matahari begitu dekatnya dengan kepala kita sampai ada yang mengatakan jaraknya matahari dengan kita hanya 1 mil atau 1 setengah kilometer. Saking panasnya ada manusia yang mendidih otaknya, keringatnya bercucuran bahkan ada yang berenang dengan keringatnya sendiri, tapi orang orang yang dekat dengan rasulullah mendapatkan ketentraman dan kedamaian . Semoga yang hadir malam ini nanti diakhirat bisa berdekatan dengan rasulullah. 

 

"agar bisa dekat dengan rasulullah pertama, diantara kalian yang paling cinta kepadaku maka nanti diakhirat  yang tempatnya berdekatan denganku adalah yang paling banyak membaca sholawat seperti dua jari 

 

sesungguhnya amal manusia tergantung akhir hayatnya,  dan biasanya manusia meninggal sesuai kebiasaannya, sebaliknya ada manusia makin tua makin banyak dosa dan tidak mau bertobat.

yang pertama ingin dekat dengan rasulullah perbanyak baca shalawat. 

Kata rasulullah aku dan orang orang yang menyantuni anak yatim nanti disurga dekat dengan rasulullah seperti dua jari.

ada orang yang luas rezkinya luas pula hatinya nampak kayanya nampak dermawannya.

ada orang yang luas rezkinya sempit hatinya

nampak kayanya nampak pelitnya

ada juga manusia yang sempit rezkinya sempit hatinya, sudah miskin dia juga pelit.

oleh karena ini kedermawanan itu menunjukkan luasnya hati

 

"kadang ada orang yang jilbabnya tertutup hatinya rapat. Kadang ada orang jilbannya cerah hatinya gelap, kadang jilbabnya lembut hatinya keras , kadang jilbabnya wangi hatinya busuk, kadang bapak bapak pecinya putih hatinya hitam, maka penyakit itu ada dua ada penyakit lahir dan penyakit batin, penyakit lahir yang lebih tau yang kena penyakit. Tapi penyakit batin yang lebih tau adalah orang lain .

 

Kata rasullullah lembutkan hati kalian yang pertama dengan memberi makan orang miskin.

yang kedua,dengan mengusap kepala anak yatim atau santuni anak yatim. 

 

Oleh karena itu hikmahnya satu , allah itu 

bijaksana rasulullah itu sayang umatnya, karena sholat pertama kali yang diperintahkan itu 50 waktu jadi diturunkan jadi 5 waktu .

 

Oleh karena allah itu bijaksana maka manusia yang lalai diciptakan untuknya jodoh yaitu suami atau istri lalu ditengah tengah mereka ada anak , agar mereka saling mengingatkan. 

 

[ Kembali ]
Polres Meranti Gelar Rekontruksi Kasus Pembunuhan
Said hasyim Tinjau Pembangunan Kantor Camat Pulau
Gelar Pemantapan Komunikasi Politk Parpol
Kembangkan Distinasi Wisata Disparpora Meranti
Bupati Meranti Resmikan Rumah Singgah dan
Tegaskan Masyarakat Harus Kenyang, Pintar Otak
Advertorial
Gubri Harap Polri Tegakkan Hukum di Riau
HUT ke-235 Kota Pekanbaru, Ayat Ajak Bersatu Wujudkan Smart
Resmi Bergelar Datuk Seri Setia Amanah dan Datuk Seri
Surat Edaran (SE) Telah Dikeluarkan Gubernur Riau Terkait
Galeri
DPRD Kampar Memperingati Hari Jadi Ke - 69 Tahun 2019.
kerajinan tangan
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat