Home / Pelalawan
Diminta Oleh DPRD
Pelalawan dan Siak Serahkan Jalan Lalang Kabung ke Pemprov Riau
Penulis: cakaplah | Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:37 WIB Dibaca: 221 kali

Berita Terkait
Menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Bupati Harris Harapkan Beberapa Point Penting Dalam Menciptakan Kondusifitas Daerah
Bangunan Terlanjur Dirobohkan, Program Bedah Rumah di Pelalawan Malah Mangkrak
Berkas Perkara Perambahan Lahan Konservasi PT Musim Mas ke Tahap Satu

www.amanatrakyat.com - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau, H Husni Thamrin, meminta dua kabupaten bertetangga, Pelalawan dan Siak, untuk menyerahkan akses jalan Lalang Kabung kepada Pemerintah Provinsi Riau. Dengan demikian jalan tersebut menjadi kewenangan provinsi dan dapat dibangun menggunakan dana APBD provinsi.

 

"Sekarang ini, kan tumpang tindih itu, sebagian jalan itu masuk ke Pelalawan dan sebagian lagi masuk ke wilayah Siak, tepatnya di Kerinci Kanan, kecamatan Kerinci Kanan, Siak," terang Husni Thamrin, Rabu (14/8/19).

 

Dengan kondisi tumpang tindih ini, jelas dia, menimbulkan keraguan-raguan dua pemerintah daerah untuk membangun jalan ini. Di sisi lain, jalan tersebut masuk HGU milik salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit.

 

"Berdasarkan, info yang kita peroleh, kedua kabupaten baik Pelalawan-Siak, agak ragu membangun peningkatan badan jalan. Padahal akses jalan ini dibutuhkan oleh masyakarat yang berada di desa Lalang Kabung, Pelalawan," jelas Husni Thamrin seraya mengatakan jalan tersebut sebagai salah akses penunjang objek wisata di Istana Sayap Kerajaan Pelalawan.

 

Ditambahkannya, jika akses jalan Lalang Kabung terbuka mulus, secara tidak langsung akan memudahkan wisatawan menuju Istana Sayap yang merupakan situs Kerajaan Pelalawan di Kelurahan Pelalawan.

 

Selain itu pula, kata dia, direncanakan jalan provinsi ini tersambung nantinya ke jalan provinsi Lintas Bono. "Dulukan ada wacana mantan bupati Pelalawan untuk membangun jembatan menyeberangi sungai Kampar. Pembangunan jembatan tersebut tak jauh dari Istana Sayap di kelurahan Pelalawan," bebernya seraya mengatakan rencana pembangunan jembatan itu kembali diusulkan.

 

Dengan terbangunkan jembatan itu, akses jalan Lintas Bono bakal tersambung. Wisatawan jika ingin melihat pesona ombak Bono bisa memperpendek jarak tempuh, tidak perlu memutar masuk di kecamatan Bunut.

 

Sebagai data tambahan, jalan Lalang Kabung ini merupakan jalan alternatif bagi masyarakat Pelalawan dan masyarakat Kerinci Kanan Siak. Kondisinya, sekarang jika hujan berlumpur dan jika musim kemarau berdebu.

[ Kembali ]
Lampirkan SPJ Fiktif Proyek Cetak Sawah, Oknum
Kajari Pelalawan Buru Big Boss PT MAL
Ipemi Pelalawan Gelar Pelatihan Menjahit di Sorek
Sebanyak 2.695 KK Terkena Dampak Banjir Di
Istana Sayap Disorot Tak Terawat, Ini Kata Kepala
Miris, Ibu dan Dua Balitanya di Pelalawan Ini
Advertorial
Dukung Kelurahan Lembah Damai Lomba BBGRM Oleh PLH Sekko
Pelepasan Dua Finalis Bintang Radio 2019 ke Batu Malang
Syamsuar dan Lima Anggota DPR RI Asal Riau Bahas
Diwakili PLH Sekko, Walikota Membuka Seminar Rapimko Kadin
Galeri
DPRD Kampar Memperingati Hari Jadi Ke - 69 Tahun 2019.
kerajinan tangan
Resmi Kukuhkan Pengurus dan 21 Tumenggung DPW RMB-LHMR
Pemkab Serahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 ke DPRD Rohul
Kampar - Pelalawan - Siak - Inhu - Inhil - Kuansing - Bengkalis - Rohul - Rohil - Dumai - Meranti - Insel
Indeks Berita - Indeks Terpopuler - Advertorial - Galeri - Foto - Redaksi
2015 All Rights Reserved | Amanat Rakyat