Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Tahun Anggaran 2023 Berakhir
Disdikbud Rohil Tetap Selesaikan Pekerjaan DAK Fisik

Hs
Jumat, 05 Jan 2024 10:54 WIB | dilihat: 171 kali
Foto: Bangunan baru bertingkat untuk ruangan Pustaka dan Laboratorium SDN 002 Bagan Kita Sudah selesai 100 %, Saat ini sedang proses serah terima

Bagansiapiapi- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir (Disdikbud) tetap menyelesaikan pelaksanaan pembangunan fisik Sekolah (SD, SMP) yang bersumber melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

Penyelesaian pekerjaan tersebut memang sedikit terlambat dari perencanaan yakni pada 31 Desember 2023. Namun karena banyaknya proses yang harus dilalui pada setiap melakukan permintaan penyaluran setiap tahapnya.

Berpedoman pada Permenkeu nomor 198 tahun 2021 tentang penyaluran DAK fisik metode bertahap sehingga memakan waktu dalam melengkapi syarat-syarat yang harus dipenuhi.

 

Namun demikian, Alhamdulillah dana untuk tahap 3 sudah selesai tersalurkan pada tanggal 28 Desember 2023, tentunya berpengaruh pada pelaksanaan dilapangan sehingga terjadi keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan. 

Selain itu keterlambatan dalam penyelesaian Pekerjaan juga di akibatkan oleh para pekerja yang mencari pekerjaan lain karena tidak bisa menunggu penyaluran setiap tahap nya sehingga Anggota dilapangan harus mencari lagi tukang yang baru.

Demikian ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir Asril Arif S.Sos mengakui, Jumat (5/1/2024)

 

Untuk diketahui sambung Kadisdik Rohil Asril Arif, adapun mekanisme pelaksanaan swakelola ini berbeda dengan penyedia (Pihak Ketiga), yang mana untuk swakelola dana setelah disalurkan baru pekerjaan bisa dimulai, sedangkan bila dikerjakan oleh pihak ketiga tidak demikian. 

Penuturan Kadisdikbud Rohil, hingga hari ini hampir seluruh pekerjaan sudah mencapai 100%, tetapi diakui juga, masih ada yang masih tahap finishing seperti beberapa pekerjaan yang berada di Kecamatan lain dan Kecamatan Bangko khususnya.

Alhamdulillah, dalam waktu 10 hari kedepan pekerjaan yang ada akan selesai keseluruhannya, ujar Asril Arif kepada media ini.

Tidak hanya sampai disitu, Kadisdikbud Rohil blak -blakan memberi jaminan bahwa pekerjaan yang dilaksanakan secara swakelola tetap akan diselesaikan hingga 100%,  karena volume capaian output atau bobot pekerjaan tahap akhir ini adalah salah satu syarat untuk penyaluran DAK Tahap Pertama pada tahun berikutnya (2024).

Untuk itu kami juga sangat mengharapkan bantuan rekan-rekan media untuk saling membantu dan mengingatkan pihak Disdikbud Rohil agar memantau sejauh mana perkembangan pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana dilapangan, tutup Kadisdikbud Asril Arif.



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © PT. Tuah Melayu Pers
All right reserved